Pages

Selasa, 30 Juli 2013

Klasifikasi Mahluk Hidup



Klasifikasi Mahluk Hidup

  • Dasar dari klasifikasi mahluk hidup adalah persamaan dan perbedaan ciri-ciri pada berbagai jenis mahluk hidup.

  • Klasifikasi yang umum digunakan adalah 6 kingdom (Carl Woese, 1977), yaitu : kingdom Archaebacteria, Eubacteria, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia.

  • Kingdom Archaebacteria : organisme prokariota (tidak memiliki membran inti sel, namun memiliki metabolisme yang mirip dengan mahluk eukariotik. Bersifat heterotrof dan autotrof (beberapa memiliki pigmen fotosintetik yaitu bakteriorodopsin). Hidup pada habitat ekstrem (mis : sumber air panas dan telaga garam). Archaebacteria dibagi dalam 3 kelompok :

Ø  Metanogen (membentuk gas metana)
Ø  Halofilik (hidup di tempat berkadar garam tinggi)
Ø  Termo asidofilik (hidup di tempat yang asam dan bersuhu tinggi)

  • Kingdom Eubacteria (Bakteri) : organisme prokariota, dibedakan dari Archaebacteria dilihat melalui metabolisme dan dinding selnya (mengandung peptidoglikan).

  • Kingdom Protista : organisme eukariota (memiliki membrane inti sel). Anggota kingdom ini a.l Protista mirip hewan (protozoa), Protista mirip tumbuhan (alga uniseluler), dan Protista mirip jamur (jamur lendir dan jamur air)
  • Kingdom Fungi : memiliki dinding sel seperti tumbuhan , namun tidak dapat melakukan fotosintesis. Bersifat saprofit (organisme yang hidup mendapatkan bahan organik dari organisme yang telah mati atau membusuk). Terdiri atas jamur uniseluler (ragi) dan jamur multiseluler.

  • Kingdom Plantae (Tumbuhan): organisme multiseluler yang eukariotik, bersifat autotrof dan memiliki pigmen fotosintetik/klorofil. Anggota kingdom ini a.l Lumut, Paku-Pakuan, dan tumbuhan biji.

  • Kingdom Animalia (Hewan) : organisme multiseluler eukariotik, bersifat heterotrof, dapat bergerak aktif dan tidak memiliki dinding sel. Kingdom ini dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu : Avertebrata (tidak mempunyai tulang belakang), cont : Porifera, Coelenterata, Vermes, Anelida, Insecta, Molusca, dll. Dan Vertebrata (bertulang belakang), cont : aves, mamalia, reptilia, amphibia, pisces.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar