Pages

Minggu, 30 Maret 2014

Kisi-Kisi dan Latihan Soal untuk menghadapi UH Plantae

Hai... hai.... anak-anakku yang caem :p. Ayo persiapkan diri kalian sebaik mungkin untuk menghadapi ulangan besok rabu yah... tutup majalahnya, matikan tvnya, taruh hp nya, dibuka handoutnya, dan kerjakan latihan soal yang kemarin sudah ibu bagikan. Kalau belum punya soalnya bisa di download
DISINI
Untuk membantu kalian belajar, ibu sudah siapkan kisi-kisi (perkiraan) soal yang akan diujikan. Cekidouttt students...

KISI-KISI :
Indikator 1. Ciri dan karakteristik umum Kingdom Plantae =>5 soal
- Ciri Plantae
- Pengertian => Tumbuhan Tracheophyta & Atracheophyta
  & contoh    => Tumbuhan Thallophyta, Cormophyta & Peralihan
      nya          => Tumbuhan berspora dan berbiji

Indikator 2. Bryophyta (Tumbuhan Lumut) => 10 soal
- Ciri-ciri lumut
- Pergiliran keturunan lumut
- Fungsi bagian-bagian tubuh lumut daun
- Reproduksi vegetatif pada lumut hati
- Siklus reproduksi lumut daun
- Tipe lumut (homotalus dan heterotalus)
- Klasifikasi lumut (Musci, Hepaticeae, dan Anthocerotaceae)

Indikator 3. Pteridophyta (Tumbuhan Paku) => 10 soal
- Ciri-ciri paku
- Jenis daun paku beserta fungsinya (daun sporofil, tropofil, makrofil, mikrofil)
- Fase sporofit dan gametofit paku
- Siklus reproduksi paku
- Perbedaan paku berdasarkan jenis spora yang dihasilkan
- Peranan paku

Indikator 4. Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Tertutup => 10 soal
- Ciri-ciri Gymnospermae
- Contoh tumbuhan Gymnospermae berdasarkan ciri morfologi nya
- Pembuahan tunggal (mulai dari proses penyerbukan - fertilisasi)
- Ciri Angiospermae
- Ciri -ciri tumbuhan monokotil dan dikotil
- Klasifikasi Angiospermae (ordo dan subkelas pada monokotil dan dikotil)
- Reproduksi vegetatif angiospermae (alami dan buatan)
- Struktur dan bagian bunga (bagian inti bunga dan bagian aksesoris bunga)
- Pembuahan ganda => tempat terjadinya
                                 => letak dan nama inti sel yang berperan dalam pembuahan ganda
                                 => proses pembuahannya (dengan gambar). Cont : endosperma dihasilkan dari 
                                       peleburan inti sperma 2 dengan inti kandung lembaga sekunder
- Peranan Angiospermae

Nah... ini kisi-kisinya. jangan lupa dipelajari dengan serius supaya jangan remed. Semangadddddd.... Jia you... Ganbatte

Jumat, 14 Maret 2014

Materi Plantae - Dunia Tumbuhan

Mau di download??? Boleh... Buka DISINI ya

Tugas Biologi Plantae

Hai-hai... anak2ku... Ini adalah tugas untuk mengisi waktu selama belajar di rumah, sengaja ibu pilihkan menjelang akhir liburan. Harapannya supaya jika ada tugas pelajaran lain pastinya sudah diselesaikan. Deadline pengumpulan tugas adalah hari kamis tanggal 20 Maret 2014. Tapi tapi tapi... kalo kalian kumpulkan lebih awal akan mendapat nilai plus plus... Untuk tugasnya silahkan di download, print, dan kerjakan ditulis tangan. Jika tidak punya printer boleh kopi punya teman kalian *yang belum ada jawabannya tentunya :p

Kalo masih bingung bisa JAPRI ke ibu ya... Selamat mengerjakan, Tuhan Berkati  

soal bisa di download DISINI

Kamis, 08 Agustus 2013

Bermain sambil belajar - TTS Biologi

Mau mengisi waktu liburan dengan belajar sambil bermain? Coba deh isi teka-teki silang yang ada di link ini. Sambil kalian ulang lagi materi pelajaran yang sudah diberikan di kelas. Dengan begitu kalian akan lebih menguasai materi tentang Ruang Lingkup Biologi. Langsung dibuka saja linknya Disini

Kamis, 01 Agustus 2013

Materi Pembelajaran



Pemecahan Masalah Biologi Dengan Metode Ilmiah

Dalam mempelajari berbagai gejala alam, ilmuwan harus menggunakan metode yang sistematis dan logis, yaitu : METODE ILMIAH.

Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam metode ilmiah antara lain :

·         Pengamatan (Identifikasi Masalah)
Ilmuwan biologi dituntut dapat mendeskripsikan suatu objek dan perubahan objek secara kualitatif dan kuantitatif.
*Pengamatan kualitatif àmenggunakan indra penglihatan, pendengaran, pembau, pengecap, dan peraba tanpa mengacu kepada satuan baku.
*Pengamat kuantitatif àmenggunakan alat ukur yang mengacu kepada satuan pengukuran baku.

·         Pertanyaan (Rumusan Masalah)
Masalah yang akan diteliti haruslah dirumuskan dan dinyatakan dengan jelas. Rumusan masalah dinyatakan dalam bentuk pertanyaan. Pertanyaan dapat diajukan setelah hasil identifikasi masalah diperoleh.
Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan menggunakan 5 W (What, Where, When, Who, Why) dan 1 H (How).
Contoh rumusan masalah:
·         Apakah lama perendaman biji kacang hijau dapat mempercepat pertumbuhan kecambah?
·         Mengapa warna mahkota bunga dalam satu tanaman tidak sama?
·         Bagaimanakah pengaruh jumlah intensitas cahaya matahari terhadap pertumbuhan batang dan daun?
·         Kapankah waktu penyiraman yang tepat untuk pertumbuhan kecambah?
·         Hipotesis
Dugaan sementara yang masih membutuhkan pengujian. Hipotesis dirumuskan dalam bentuk pernyataan. Terdapat 3 macam variabel, yaitu variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol.
*Variabel Bebas àvariabel yang sengaja dibuat tidak sama oleh peneliti. Variabel ini mempengaruhi dan menyebabkan terjadinya perubahan.
*Variabel Terikat àvariabel yang dipengaruhi dan terjadi akibat perlakuan variabel bebas.
*Variabel Kontrol àvariabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti. Variabel ini digunakan untuk penelitian yang bersifat membandingkan
Contoh hipotesis :
·         Lama perendaman biji kacang hijau  mempengaruhi kecepatan perkecambahan.
·         Suhu perendaman biji kacang hijau mengetahui kecepatan perkecambahan.
·         Intensitas sinar matahari mempengaruh pertumbuhan batang dan daun tanaman kacang hijau.
·         Prediksi
Prediksi (prakiraan) merupakan pernyataan yang dapat di uji dalam eksperimen. Dasar dari prediksi adalah pengamatan yang cermat dan inferensi tentang hubungan beberapa kejadian yang diamati.
Contoh prediksi :
·         Jika biji kacang hijau direndam lebih lama, maka perkecambahan biji akan semakin cepat.
·         Jika intensitas cahaya matahari dikurangi, maka pertumbuhan kecambah akan mengalami hambatan.
·         Eksperimen
Eksperimen dilakukan dalam suatu lingkungan yang dikontrol dengan baik. Hasil eksperimen berupa sekumpulan data yang kemudian diolah dan diinterpretasikan sehingga membentuk suatu kesimpulan.
Kesimpulan suatu eksperimen dianggap benar jika eksperimen dapat diulang dan mendapatkan hasil yang sama.
Poin Kunci Metode Ilmiah : PENGAMATAN, PERTANYAAN, HIPOTESIS, PREDIKSI, EKSPERIMEN